1
Latest News

MERAUP KEUNTUNGAN; Lewat Budidaya Jangkrik

Rabu, 25 Februari 2009 , Posted by PNPM-MP Kabupaten Sidoarjo at 02.54

JELI melihat kesempatan. Itulah modal awal PK-BKM Jaya Makmur di Desa Gelang merintis pelatihan usaha budidaya jangkrik bagi masyarakatnya untuk meningkatkan pendapatan keluarganya. "Memelihara jangkrik cukup mudah dan waktu panennya relatif singkat," ujar Jainul Arifin baru-baru ini.

Untuk berternak jangkrik, dia cukup menggunakan bagian ruang yang kosong. Mereka ditempatkan pada dus bekas, kemudian diberinya pakan berupa eceng gondok dan bekatul. Diakui, memelihara binatang jenis serangga ini, risiko kecil, karena tahan terhadap penyakit. Namun, pada musim hujan, binatang ini tidak tahan dingin."Kalau musim hujan jangkrik sering stres. Untuk menghindarinya diberi penghangat listrik, atau dus tempat ternak diberi plastik," paparnya.

Peternak, memasarkan jangkrik peliharannya ke sejumlah penjual burung di Sidoarjo. Melalui bisnis tersebut, peternak banyak mengaku bisa meraup keuntungan sebesar Rp 750.000- 1 juta. "Dalam sebulan kita menghasilkan sekitar 100 sampai 150 karung yang berisi 200 jangkrik tiap karung,"

Keuntungan membudidayakan jangkrik juga dirasakan Asianto PK-BKM Subur Makmur Desa Jiken. Ia berbisnis jangkrik sejak tiga tahun silam. Pria yang sebelumnya berprofesi sebagai pekerja serabutan ini dapat meraih omzet kotor rata-rata Rp 1 juta per bulan melalui bisnis jangkrik.

Dalam pengembangbiakan, dia membeli telur jangkrik. Satu dus telur seharga Rp 20 ribu, setelah dikembangbiakan menjadi 4 dus. Umur sampai bisa besar sekitar 10 hari, jadi kalau modal Rp 20 ribu bisa berkembang jadi Rp 200 ribu."Kehidupan saya sekarang perlahan lebih baik," kata Asianto yang menempati rumah tak jauh dari Kantor Desa Jiken

Meski sukses, Asianto mengaku sempat menghadapi kendala. Ia kerap melepas jangkrik-jangkriknya jika tak laku akibat panen yang bersamaan dan para pembeli jangkrik jumlahnya terbatas. "Dalam kondisi seperti itu saya mendapat kerugian besar," kata Asianto. Dilain pihak, dengan adanya program KURK sangat membantu saya dalam pengembangan usaha budidaya jangkrik ini. "Sekarang saya sudah masuk angsuran kelima" ujar Asianto sambil tersenyum simpul diakhir wawancara.

Untuk rencana mendatang, peternak ini berniat membidik pasar yang lebih luas sehingga budidaya jangkrik bisa berkembang. Menurut mereka, usaha ini sebenarnya bisa mendatangkan keuntungan yang tak sedikit.(MsY Red)

Currently have 3 komentar:

  1. pak asianto alamat rumah jiken tulangan ya...?

  1. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Anonim says:

    Halo smua..
    Izin share informasi lapak, Yang butuh suply jangkrik bisa hubungi saya sebagai pembudidaya jangkrik "skala sedang" di kawasan sidoarjo candi jawa timur. Sekali Panen mencapai 100kg. Pemanenan satu sak isi 2 Kg jangkrik dan Harga bisa nego sesuai pasaran...
    Info lanjut hubungi di sms/wa/line+6285330278082
    Matur nuwon...

Leave a Reply

Posting Komentar